Saturday, October 13, 2012

12:49 AM
Cara Sinkronisasi Pesan iMessage di iPhone, iPad, dan Mac
Cara Sinkronisasi Pesan iMessage di iPhone, iPad, dan Mac
Dengan iMessage, sesama pengguna iOS & OS X dapat bertukar pesan dengan mudah menggunakan jaringan Internet. Pesan yang dikirimkan dapat berupa teks, gambar, dokumen, dan bahkan video. Kemudahan dalam bertukar data menjadikan iMessage sebagai salah satu cara favorit dalam mengirimkan file dalam satu jaringan.
Apabila Anda pemilik iPhone, iPad, dan Mac maka kemungkinan besar tidak setiap pesan iMessage tersinkronisasi dengan benar. Khususnya bagi pemilik iPhone yang menggunakan nomor telepon sebagai Caller ID, pesan iMessage biasanya tidak akan muncul di Messages iPad maupun Mac.
Cara sinkronisasi pesan iMessage di setiap perangkat Apple sebenarnya cukup sederhana. Singkatnya Anda harus menggunakan Caller ID yang sama pada setiap perangkat sehingga pertukaran pesan konsisten di mana penerima dan pengirim pesan selalu sama. Apabila penjelasan di sini masih kurang jelas, berikut ini adalah langkah-langkah sinkronisasi iMessage di iPhone, iPad, iPod touch, dan Mac.

Pengaturan iMessage di iPhone

Buka Settings > Messages > Receive At > Caller ID dan gunakan email iCloud sebagai Caller ID. Jangan lupa juga mematikan Send As SMS karena pesan SMS tidak dapat dibawa ke perangkat Apple lainnya.
Caller ID adalah identitas yang muncul ketika pesan pengirim sampai ke penerima.
Mengubah Caller ID iMessage di iPhone
Mengubah Caller ID iMessage di iPhone
Meskipun menggunakan nomor telepon mempunyai kelebihan sendiri di mana penerima dapat membalas menggunakan SMS, menggunakan nomor telepon sebagai Caller ID akan mempersulit proses sinkronisasi. Hal ini disebabkan Anda tidak dapat menggunakan nomor telepon sebagai Caller ID di iPod touch, iPad dan Mac.

Pengaturan iMessage di iPad dan iPod touch

Cara menentukan Caller ID di iPad dan iPod touch juga serupa dengan iPhone. Buka Settings > Messages > Receive At > Caller ID dan pilih email yang digunakan sebelumnya di iPhone sebagai Caller ID.
Beberapa orang suka menggunakan beberapa email pada Receive At. Sebaiknya cukup gunakan satu email karena email yang berbeda tidak akan digabung menjadi satu pembicaraan di iMessage.

Pengaturan iMessage di Mac

Lakukan hal yang sama buat Mac. Gunakan email yang sebelumnya digunakan pada iPad, iPhone, dan iPod touch.
Pengaturan iMessage di Mac
Pengaturan iMessage di Mac
Tips: Menggunakan satu email untuk iMessage juga mempermudah proses pengaturan pada perangkat baru. Daripada mengingat semua email yang bisa menerima pesan iMessage, coba manfaatkan email iCloud sebagai pusat dari pesan iMessage.
Apabila semua pengaturan sudah benar maka pesan yang diterima akan sama di setiap perangkat. Proses sinkronisasi ini bisa mempermudah banyak keadaan. Berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain untuk melanjutkan pembicaraan menjadi sangat mudah. Saya sering melanjutkan pembicaraan dengan sesama penulis MakeMac dari Mac ke iPhone tergantung situasi.

0 comments:

Post a Comment