Thursday, November 8, 2012

2:05 AM
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

Program adalah perwujudan atau Implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam Bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat Dilaksanakan oleh komputer. Jenis Pemrograman secara umum ada beberapa di antaranya pemograman Sistem Operasi, Aplikasi, Web, Basis Data, Games/Multimedia.

Jenis jenis proses algoritma :

1.Sequence Process : instruksi dikerjakan secara sekuensial (berurutan)
2.Selection Process : instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria tertentu
3.Iteration Process : instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu.
4.Concurrent Process : beberapa instruksi dikerjakan secara bersama.

Langkah - langkah membangun suatu program :

1. Mendefinisikan Masalah, Pada langkah ini masalah akan ditentukan terlebih dahulu, kemudian apa saja yang harus dipecahkan dengan komputer. Kemudian ditentukan masukan dan keluarannya.
2. Menentukan Solusi, Setelah masalah didefiniskan dengan jelas, masukan apa diberikan sudah jelas, keluaran apa yang diinginkan juga sudah jelas, jalan selanjutnya adalah mencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikan.

3. Memilih Algoritma, Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dalam pemrograman komputer, karena pemilihan algoritma yang salah akan menyebabkan program memiliki unjuk kerja yang kurang baik.

4. Menulis Program, Pada langkah ini, akan dimulai penulisan kode program untuk
memecahkan masalah.

0 comments:

Post a Comment