Friday, November 2, 2012

11:57 PM
Pada pembahasan Sebelumnya, saya sudah membahas tentang Cara Membuat Blog Di WordPress atau Cara Mendaftarkan Blog Di WordPress. Pembahasan Selanjutnya adalah Cara Membuat Menu Di WordPress.
Membuat Menu Di WordPress Sebenarnya sangatlah Gampang , silahkan Ikuti Panduan Lengkap Cara Membuat menu di WordPress Berikut Ini :
Langkah Pertama yang harus anda lakukan adalah Login Ke Wp-Admin anda, caranya klik www.namabloganda.wordpress.com/wp-admin , setelah itu silahkan masukkan username dan password anda.
Setelah sampai di Dashboard WordPress, silahkan anda pilih menu “Tampilan >> Menu “ :
Cara Membuat Blog WordPress - Fungsi Menu Tampilan
Cara Membuat Blog WordPress – Fungsi Menu Tampilan
Selanjutnya silahkan Isi Nama Menu Utama yang akan anda jadikan menu blog anda, anda boleh mengisinya sesuka hati anda sendiri, misalnya menu 1,atau menu 3 atau sebagainya. Disini saya memasukkan Nama “Menu Utama” pada bagian nama menu utama saya :
Cara Membuat Menu pada Blog WordPress
Cara Membuat Menu pada Blog WordPress
Simpan menu utama yang sudah dibuat tadi, agar menu tersebut bisa kita jadikan sebagai menu dasar blog wordpress kita nantinya. Selanjutnya Pilih Widget “Lokasi Tema” seperti dibawah ini :
Cara Membuat Custom Menu Di WordPress
Cara Membuat Custom Menu Di WordPress
Silahkan isikan “menu utama” dengan nama menu utama seperti yang sebelumnya sudah dibuat, lalu simpan menu utama tersebut, agar themes atau tema wordpress bisa membaca menu utama yang dibuat, pada theme wordpress ini hanya ada 1 menu navigasi saja, terkadang theme wordpress memiliki 3 bahkan sampai 4  lokasi menu yang disediakan tema tersebut.
Setelah disimpan, berarti Sekarang menu utama anda sudah ada, namun menu utama tersebut masih belum ada isinya alias kosong, selanjutnya kita akan memilih menu yang akan kita jadikan menu blog wordpress. Disini ada beberapa pilihan pengambilan navigasi, lihat widget dibawah lokasi tema tadi, disana ada Taut Tersuai untuk menu yang langsung dari URL Blog atau Website lain, Halaman yaitu menu yang melink ke halaman yang anda buat, dan kategori sebagai menu yang akan menghubungkan pengunjung ke kategori yang anda jadikan menu.
Cara Membuat Menu Page di Blog WordPress
Cara Membuat Menu Page di Blog WordPress
Untuk memasukkannya, silahkan centang Halaman atau kategori yang ingin anda masukkan ke Menu Utama Anda. Jika menu-menu tersebut sudah berhasil anda masukkan, maka hasilnya akan seperti ini :
Cara Membuat Menu Di WordPress
Cara Membuat Menu Di WordPress
Jika semuanya sudah anda lakukan, langkah terakhir adalah menyimpan navigasi yang sudah dibuat sebelumnya tersebut, atau Jika anda menginginkan Menunya bertingkat yang biasanya disebut drop down menu, maka anda harus mendrag (*Drag adalah menarik menu yang akan anda jadikan sebagai Submenu) silahkan tarik menu yang dimasukkan tadi lebih ke kanan lagi, jikan menginginkan Menu Drop Down 2 tingkat, maka jorokkan lebih kedalam menu yang akan dijadikan submenu kedua, sehingga tampilannya akan menjadi seperti ini :
Cara Membuat Menu Di WordPress
Cara Membuat Menu Di WordPress
Jika semuanya sudah disimpan, sekarang tinggal melihat hasil dari Praktek Cara Membuat Menu pada Blog WordPress kita. Kalau berhasil, berarti anda sudah selesai membuat menu blog wordpress anda. Sangat Mudah Bukan??? dan hasil dari menu yang dibuat tadi adalah seperti ini:
Desain Menu Standart WordPress dengan Navigasi Bertingkat
Desain Menu Standart WordPress dengan Navigasi Bertingkat
Sangat Simple sebenarnya cara membuat menu di blog wordpress, menu navigasi bertingkat dengan desain yang dinamis, menu drop down bertingkat-tingkat yang sangat menawan.

0 comments:

Post a Comment