Tuesday, January 22, 2013

9:53 AM
Mac OS X sekarang sudah dibuat aman oleh Apple, terlebih versi OS X terbaru 10.8 Mountain Lion. Tapi bukan berarti anda tidak bisa berbuat apa-apa untuk dapat lebih mengamankan komputer mac anda.
Dalam hal teknologi, kenyataannya bahwa tidak ada perangkat atau sistem operasi yang 100% tak bisa ditembus. Namun, dekade terakhir telah menunjukkan kepada kita bahwa OS X melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menjaga pengguna terhindar dari ancaman. Bahkan, sebagian besar kerentanan keamanan Mac berasal dari perangkat lunak pihak ketiga, bukan OS X itu sendiri. Meskipun demikian, ada 5 hal sederhana setiap pengguna Mac bisa lakukan untuk membantu memastikan mereka terlindungi dari ancaman terbaru:
1. Menonaktifkan Java di browser Anda
Kebanyakan pengguna Mac tidak menggunakan Java. Ini adalah plugin yang masih digunakan oleh beberapa aplikasi web, tetapi sekarang ini sangat jarang. Karena sekarang java sekarang sering dijadikan atas sejumlah besar eksploitasi keamanan Mac, maka sebaiknya kita nonaktifkan. Berikut caranya:
Safari: klik Preferences > Security dan hilangkan tanda centang “Enable Java”
Firefox: Pada menu bar, klik Tools > Add-ons > Plugins dan klik Disable tombol Java.
Chrome: ketikkan chrome://plugins/ pada URL bar dan klik Disable Java.
disable java os x
2. Nonaktifkan “Open safe files”
Jika Anda seorang pengguna Safari, ada fitur yang membuat file download membuka secara otomatis setelah selesai. Ini juga merupakan resiko keamanan. Mari kita mengambil jalan aman dan menonaktifkan fitur ini dengan membuka Safari Preferences> General. Hapus tanda centang pada kotak di samping “Open safe files” setelah men-download”.
3. Mengaktifkan OS X Firewall
Mac OS X telah memiliki firewall built-in selama bertahun-tahun, tapi itu tidak pernah diaktifkan secara default. Firewall ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol koneksi jaringan Mac pada basis per-aplikasi, yang membantu memblokir program yang tidak diinginkan dari mendapatkan akses. Jika Anda menjalankan Leopard 10.5 atau yang lebih baru, Firewall dapat dikonfigurasi dengan masuk ke System Preferences> Security> Firewall.
enable firewall os x
4. Standard user accounts
Ketika Anda pertama kali mengatur Mac anda, user account yang anda buat selalu administrator. Kebanyakan orang akhirnya menggunakan akun ini untuk menyimpan file mereka, menginstal aplikasi, dll Hal ini tidak selalu masalah, tetapi dianggap cara terbaik untuk hanya menggunakan account administrator ketika membuat perubahan pada sistem. Sebaliknya, untuk penggunaan sehari-hari, itu disarankan agar anda membuat akun kedua dengan hak standar.
Jika Anda sudah memiliki account administrator, selanjutnya anda buat account baru tapi dengan hak standar. Terdengar susah? tentu tidak! anda hanya pergi ke System Preferences> Pengguna & Grup dan klik pada ikon kunci di sudut kiri bawah. Setelah Anda memasukkan password Anda, klik plus (+) untuk menambahkan account baru. Selnjutnya anda tinggal mengisi semua informasi yang dibutuhkan.
buat akun user os x
Untuk sebagian besar, akun standar akan berfungsi sama – namun ketika membuat perubahan di seluruh sistem itu akan memerlukan password administrator. Dengan menambahkan langkah validasi tambahan, hal ini membantu pengguna untuk berhenti dan mengevaluasi apakah sesuatu aplikasi yang meminta password admin adalah baik atau berbahaya.
5. Install semua software updates
Beberapa pengguna merasa terganggu oleh pemberitahuan untuk mengupdate software mereka. Ini mungkin sangat mengganggu, namun pembaruan ini hampir selalu untuk kepentingan kita. Update software termasuk perbaikan bug dan lubang keamanan yang hacker dapat mengeksploitasi untuk mendapatkan akses ke sistem kita.
Pada OS X, itu mudah untuk tetap up to date dengan membuka ke menu Apple, kemudian Software Update. Jika Anda menjalankan 10.8 Mountain Lion atau yang lebih baru, Mac App Store akan memperbarui aplikasi di sini juga. Untuk aplikasi pihak ketiga lainnya, merupakan ide yang baik untuk mengaktifkan pembaruan otomatis dalam aplikasi tersebut.
install software update os x
Bagaimana menurut anda, mudah bukan mengamankan komputer Mac anda dari ancaman aplikasi jahat. Saya harap tips di atas berguna bagi anda.

0 comments:

Post a Comment