Thursday, November 1, 2012

7:42 AM
Kali ini saya akan meuliskan sebuah Tutorial lengkap Cara membuat Blog Gratis di WordPress, sebenarnya Cara mendaftarkan diri Di WordPress ini sudah banyak yang membahasnya di Internet, namun kali ini saya akan memberikan Panduan lengkap Membuat Blog Di WordPress.
Dalam Membuat Blog Gratisan di WordPress, langkah pertama Yang harus Anda lakukan Adalah Mengunjungi Situs WordPress.Com, bukan wordpress.org. Untuk WordPress Versi Bahasa Indonesia, anda bisa mengunjungi id.wordpress.com :
Selanjutnya, anda tinggal memilih Menu Sign Up atau Gabung sekarang, dan anda akan dibawa ke Menu Seperti Ini :
Cara membuat Blog Di WordPress
Nah, pada Form tersebut anda akan disuruh untuk mengisi form yang sudah disediakan, untuk yang versi Blog Gratisan anda bisa menggunakan subdomain .wordpress.com, jadi misalnya anda membuat sebuah blog belajarmembuatblogdi.wordpress.com, namun perlu anda ketahui bahwa sudah banyak sekali subdomain2 wordpress yang sudah digunakan oleh blogger indonesia, pastikan nama blog yang akan anda pilih masih tersedia, seperti pada Form dibawah ini :
Cara membuat Blog Di WordPress - Daftar di WordPress
Untuk Username atau nama pengguna, anda bisa mencari nama pengguna yang masih tersedia diwordpress,password pastikan keamanannnya tinggi dan mudah diingat. Form email sangat dibutuhkan untuk verivikasi dan pengiriman update2 berita wordpress untuk anda, jadi isikan email anda pada form email tersebut.
Tombol “Great! Use this address on my blog for $ 18 per year” berfungsi jika anda ingin menggunakan Hosting WordPress dengan Domain TLD sendiri, misalnya caramembuatblogdi.com, maka anda akan dikenakan biaya $ 18 / tahun untuk domain tersebut, namun jika hosting menggunakan wordpress banyak fitur yang tidak bisa anda gunakan sebagai pemilik.
Jangan Lupa Pilih bahasa Blog anda, disana sudah tersedia berbagai macam bahasa yang support untuk beberapa Negara, termasuk WordPress Bahasa Indonesia.
Selanjutnya anda akan dihadapkan pada pilihan Rencana seperti dibawah ini :
Cara membuat Blog Di WordPress -Daftar di WordPress
Disana anda diberikan 2 penawaran berupa blog gratis dan blog berbayar dengan menggunakan TOP Level Domain. Kali ini kita menggunakan Blog Gratisan saja, Pilih Create Blog untuk membuat Blog Gratisan anda di wordpress.
Sampai disini pembuatan blog anda belum selesai, anda tinggal melakukan langkah konfirmasi Via email, membuat blog wordpress membutuhkan verivikasi email, jadi silahkan login ke akun email yang anda masukkan tadi, dan silahkan buka email konfirmasi dari WordPress Emailnya seperti ini :

Cara membuat Blog Di WordPress - Konfirmasi Email

Cara membuat Blog Di WordPress – Konfirmasi Email
Dan… Eng Ing Eng…. Blog Anda sudah jadi, lihat belajarmembuatblogdi.wordpress.com. Sampai Disini Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress, selanjutnya silahkan Baca Cara Membuat Postingan/Tulisan Baru Pada Blog WordPress, Cara mengganti Tema atau template Blog WordPress,Cara Mengganti Profil Admin pada WordPress,Fungsi Menu-menu pada Dashboard Blog WordPress,Cara Membuat Blog WordPress Di Hosting Sendiri,Tutorial Optimasi Tulisan Pada WordPress agar Lebih SEO Friendly,Fungsi Menu-menu pada Postingan Baru Blog WordPress,dan Cara Menginstall CMS WordPress pada Self Hosting

0 comments:

Post a Comment