Sunday, August 28, 2011

12:06 PM
Akhir Bulan Januari, Intel Corporation telah menemukan masalah desain dalam chip pendukung yang belum lama ini dirilis, Intel 6 Series yang dikenal dengan kode nama Cougar Point, dan telah menerapkan perbaikan silikon. Dalam beberapa kasus, port Serial ATA (SATA) dalam chipset dapat mengalami penurunan kinerja dari waktu ke waktu, hal ini berpotensi mempengaruhi kinerja atau fungsi peralatan SATA terkait seperti drive-hard disk dan DVD drive. Chipset ini digunakan pada PC yang menggunakan prosesor terbaru Generasi Kedua Intel Core, yang lebih dikenal dengan kode nama Sandy Bridge. Saat ini, Intel telah menghentikan pengiriman chip pendukung yang bermasalah. Intel telah melakukan koreksi terhadap masalah desain terkait dan telah mulai memproduksi versi baru dari chip pendukung yang dapat mengatasi masalah tersebut. Microprocessor Sandy Bridge sendiri tidak terpengaruh dan tidak ada produk lain yang terpengaruh oleh masalah ini.
Perusahaan mengharapkan untuk dapat mulai menghadirkan versi terbaru dari chipset ke pelanggan pada akhir Februari dan mengharapkan pemulihan volume penjualan pada bulan April. Intel mendukung dan berkomitmen penuh terhadap kualitas produknya. Untuk produsen komputer dan pelanggan Intel lainnya yang telah membeli chipset atau sistem yang berpotensi terkena dampak kasus ini, Intel akan bekerja dengan mitra OEM untuk menerima pengembalian chipset yang terkena dampak, dan mendukung rencana untuk modifikasi atau penggantian diperlukan pada motherboard atau system tersebut. Sistem yang mungkin terkena dampak masalah adalah produk yang dikirimkan setelah tanggal 9 Januari dan Intel yakin bahwa konsumen yang terkena dampak oleh masalah ini relatif sedikit. Sistem yang berpotensi terkena dampak pada konsumen akhir adalah produk berbasis Generasi Kedua Core i5 dan Core i7 quad core. Intel meyakinkan konsumen bahwa mereka dapat terus menggunakan sistem mereka dengan aman sementara Intel bekerja dengan produsen komputer untuk memberikan solusi yang lebih permanen. Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi bagian dukungan di Intel atau silahkan menghubungi produsen OEM mereka.
Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang masalah ini seperti ditulis pada PCMag.com sebagai berikut:
  • Ini bukan masalah CPU. Sandy Bridge Core i5 dan Core i7 tidak bermasalah.
  • Masalah ini berkaitan dengan SATA. Masalah Cougar Point khusus mempengaruhi pengendali SATA pada motherboard, menyebabkan onboard port SATA menurunkan dan mengurangi kinerja hard drive, drive optik, dan perangkat SATA-driven lainnya.
  • Tidak semua SATA terpengaruh. Port SATA 6-Gbps baik-baik saja. Masalah terjadi hanya di port SATA 3-Gbps atau lebih lambat.
  • Tidak semua orang akan melihat masalah ini, setidaknya secara langsung. Intel memperkirakan degradasi kecepatan 6 persen selama umur tiga tahun, sehingga pengguna biasa mungkin tidak akan melihat apa pun.
  • PC desktop yang paling terkena dampak masalah ini. Intel telah mengirimkan lebih banyak perangkat desktop Sandy Bridge daripada perangkat laptop, sebagian besar pengguna sistem mobile mungkin tidak akan terpengaruh. Mereka dilindungi dengan cara lain. Dalam sebuah pernyataan, Intel menjelaskan bahwa karena port SATA 6-Gbps tidak terpengaruh.
  • Anda tidak dapat memperbaiki hal ini sendiri. Masalah ini berkaitan dengan perangkat keras, instalasi driver sederhana atau swap out-komponen tidak akan mampu memperbaiki masalah ini. Anda akan membutuhkan perangkat keras baru
  • Jangan berharap solusi segera. Intel telah berhenti produksi pada Chipset Seri 6, dan diharapkan akan mulai dikirimkan versi terbaru dari chipset Seri 6 pada akhir Februari, dengan produksi mencapai volume penuh pada bulan April 2011.

0 comments:

Post a Comment