Sunday, August 28, 2011

11:11 AM
Windows XP mempunyai Utility System Restore yang mampu mengubah setingan menjadi bentuk standar (setingan yang sesuai), membuang semua sistem yang telah diganti, dan mengembalikannya ke bentuk semula default. Hal semacam ini juga berguna mengatasi virus yang menyerang PC atau terdapat kerusakan software file corrupt yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan sehingga membuat hard-disk dipenuhi dengan file program yang tidak bisa dijalankan.

Pada kondisi default, system restore menempati 12% dari setiap logical drive-nya. Anda bisa mengurangi jumlah ruang space system restore dengan mengatur utilitynya atau mematikan fitur tersebut. Langkah-langkah pengaturannya sebagai berikut :

1. Klik Kanan My Computer, kemudian pilih Properties
2. Pilih tabs System Restore
3. Disable System Restore dengan memberikan check list atau centang pada kotak turn off system restore on alldrives. Atau dengan menggunakan cara lain yaitu menyoroti drive yang diinginkan kemudian klik settings. Dengan menggunakan slider, Anda dapat mengatur seberapa banyak space di drive system Restore yang akan digunakan untuk restore point. Pengurangan beberapa limit angka dari fleksibilitas system Restore dapat mengurangi sampai 5% (bahkan lebih) dari total kapasitas hard-disk.


4. Klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan
5. Restart komputer Anda

2. Mengubah Virtual Memory
Halaman file adalah satu atau banyak area dari sebuah harddisk yang telah ditentukan oleh Windows XP sebagai Virtual Memory. Untuk Memasukkannya sangat sederhana. Seperti memesan sebuah area untuk digunakan mengisi data pada main memory.

Virtual Memory dapat diakses dengan Windows seperti Physical Memory, tetapi itu masih terlalu lambat. Keduanya virtual dan physical memory lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan RAM atau Random Access Memory.

Sebenarnya, Windows XP menggunakan halaman file secara berkelanjutan dengan mengabaikan jumlah free memory di system Anda. Dengan kata lain ketika Anda mengoptimalkan file ini, akan memberikan efek positif pada performa atau kecepatan komputer.

Langkah-langkah mengoptimalkan page file Virtual Memory sebagai berikut:

a. Klik kanan My Computer, kemudian pilih Properties.
b. Pilih tabs Advance, klik Setting pada bagian Performance.
c. Pada opsional Performance Options, pilih tabs Advanced Kemudian klik Change pada bagian Virtual Memory.
d. Selanjutnya anda bisa memilih dan mengatur ukuran atau size, Page File pada drive sesuai dengan keinginan.
e. Restart komputer.



Ukuran atau
Size pada Page File
Ukuran standar default page file virtual memory diatur dengan memperhatikan starting size dan maximum size. Untuk mengubah size page file sebagai system demand dalam rentang nilai tersebut masih diperbolehkan oleh Windows, langkah mengubah ukuran virtual memory sebagai berikut :

1. Pilih dan centangi Custom Size pada Inisial Size diatur dan disesuaikan dengan nilai yang direkomendasikan atau Recomended yang dijumlahkan dengan angka yang sama.
2. Pada Maximum Size, nilai yang dimasukkan sesuai dengan keinginan Anda. Jika ingin memakai default-nya Anda tidak perlu mengubahnya.

Jendela
Virtual Memory

Catatan :

1. Jika Anda ingin mengatur sendiri Maximum Size, masukkan nilai yang lebih kecil dari nilai Space Available.
2. Nilai Maximum Size yang Anda masukkan adalah maksimal tiga kali lipat dari ukuran RAM komputer apabila nilai Maximum Size lebih besar dari nilai RAM, akan menyebabkan berkurangnya kinerja atau performa komputer karena memaksa RAM bekerja lebih ekstra. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, RAM akan cepat panas atau kejadian yang paling fatal adalah RAM terbakar

0 comments:

Post a Comment