Monday, October 15, 2012

11:34 AM
Shortcut link - Apa sich fungsi shortcut link..? Shortcut link di gunakan untuk mempermudah pengunjung website/ Blog kita walaupun mereka tidak menggunakan mouse.

Konsep ini mengadopsi shortcut menu pada aplikasi berbasis GUI. Untuk membuat shortcut link caranya cukup menambahkan atribut
accesskey=”shorcut” pada <a href=”url”> . Nilai shortcut pada atribut dapat dig anti dengan huruf yang akan anda gunakan sebagai shortcut.

Contoh:


<a href=”#hal1” accesskey=”v”>halaman1<a/>
<a href=”#hal2” accesskey=”w”>halaman2<a/>
<a href=”#hal3” accesskey=”x”>halaman3<a/>


Sebagai catatan atau tips, sebaiknya hindari huruf shortcut yang sama dengan shortcut menu pada Aplikasi Browser. Sebagai contoh, hindari penggunaan accesskey=”f”, karena biasanya ALT+F sudah digunakan untuk mengakses menu FILE pada aplikasi. Selain itu, sebaiknya shortcut link ditampilkan pada halaman web supaya pengunjung web tahu nama shorcutnya, walaupun Xhtml bisa di buat shortcut,namun tidak semua browser bisa mendukungnya, contoh yang tidak bisa setelah saya coba adalah OPERA..
Silahkan di coba sendiri, teruslah kita belajar dan terus mengembangkan sendiri, semoga suguhan yang sedikit ini bisa bermanfaat..jika ada pertanyaan, silahkan isi saja di kotak komentar..kalo bisa saya jawab akan saya jawab…terima kasih
Semoga website anda menjadi sangant cantik

0 comments:

Post a Comment