Monday, October 15, 2012

11:51 AM
Basis Data (Data Base) adalah kumpulan data yang saling berhubungan, diorganisasikan dengan baik agar tidak terjadi redudansi (pengulangan) dan nantinya dapat di manfaatkan kembali, dan disimpan dalam media elektronis(Kusumo, 2005).
                 Prinsip kerja database bisa dibayangkan seperti lemari arsip. Database memiliki prinsip kerja dan tujuan yang sama. Prinsipnya yaitu pengaturan data atau arsip. Tujuan utama database  adalah agar data dapat diakses dengan mudah dan lengkap serta mampu penyimpanan data seefisien mungkin (Sarimun, 2007).
                 Beberapa perangkat lunak database (DBMS) memudahkan pengguna untuk mengorganisasikan, menyimpan, mengubah, dan mengambil kembali. DBMS juga menerapkan mekanisme pengamanan data, pemakaian data secara bersama, pemaksaan keakuratan atau konsistensi data, dan sebagainya. Perangakat lunak yang temasuk DBMS adalah dBase III, dBase IV, FoxBase, Rbase, MS-Access dan Borland Paradox (untuk kelas sederhana) atau Borland-Interbase, MS-SQLServer, MySQL, CA-Open Ingres, Oracel, Informix dan Sybase (untuk kelas kompleks/ berat).
Istilah-istilah yang digunakan dalam database menurut Rina Musyawaroh(2005):
1.   Entitas/Entity: obyek yang dapat dibedakan dengan obyek yang lainnya (orang, kejadian, tempat yang informasinya direkam)
2.   Atribut/Field: Sifat atau karakteristik yang ada didalam setiap entity.
3.   Data Value: data aktual yang disimpan di tiap atribut
4.   Record/Tuple: kumpulan atribut yang saling berkaitan menginformasikan tentang entity secara lengkap
5.   File: kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen sama, atribut yang sama tetapi beda data value-nya
6.   Kunci Elemen: tanda pengenal yang unik untuk mengidentifikasi entitas
7.   Primary key: kolom (atau gabungan beberapa kolom) yang menjadi identitas unik tiap-tiap baris pada sebuah relation.
8.   Foreign key: kolom (atau gabungan beberapa kolom) yang merupakan primary key pada relation/ tabel lain. Berguna untuk menghubungkan antara dependent relation (sisi many) dengan parent relation (sisi one)

0 comments:

Post a Comment