Monday, October 15, 2012

12:01 PM

Microsoft Word 2010 adalah salah satu editor teks favorit dan terbaik saat ini,dengan berbagai macam fitur dan juga banyak kelebihan yang ditawarkan. Bagi sebagian orang yang menggunakan Microsoft Office Word 2010 merupakan hal yang rumit dan susah, namun sebenarnya ada banyak trik tersembunyi dan juga cara pintas yang membuat mengedit teks menjadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa fitur dan tips microsoft office dan juga tips yang mungkin akan membantu Anda ketika menggunakan Microsoft Word 2010.

1. Mengatur Vertical Selection Of Text

Biasanya, ketika Anda ingin memilih karakter, kata, paragraf, semuanya ditawarkan secara horizontal, namun bagaimana jika Anda menginginkan tampilan vertikal. Sebagai contoh jika teks yang dimulai pada awal pengetikan padahal Anda hanya ingin memilih nomor untuk setelahnya (lihat gambar dibawah ini).


Untuk memilih teks horizontal, tekan tombol ALT dan klik untuk menyeret dan membuat pilihan. Ingatlah untuk melepas tombol ALT sebelum melepaskan mouse Anda, hal tersebut akan membuka sebuah kotak Research dialog.

2. Mengubah Default Line Spacing

Pengaturan spasi secara default dalam Microsoft Office 2010 adalah 1,15 dan spasi 1 pada Microsoft Office 2003. Jika Anda ingin mengubah dan mengganti pengaturan tersebut agar ketikan atau tulisan Anda mudah dibaca selain itu akan memudahkan Anda jika file Office 2003 dibuka pada Office 2010 tidak acak-acakan, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengubahnya.


Buka tab Home pada Microsoft Office 2010, kemudian klik kanan pada tulisan Normal quick style button lalu pilih Modify.


Setelah itu klik tulisan format lalu pilih Paragraph.


Ubah spasi dari 1,15 menjadi 1.


Klik OK.

3. Mengubah Folder Default Untuk Lokasi Penyimpanan Dokumen

Pada pengaturan secara default, Microsoft Word akan membuka folder documents ketika Anda mengetikan CTRL+S. Jika Anda ingin mengubah direktori tersebut untuk memudahkan di mana Anda menyimpan file-file Office sebagai pengaturan default lakukan langkah-langkah berikut ini:


Buka Microsoft Office, lalu klik File.


Klik pada Options.


Kemudian klik Advanced yang berada disebelah kiri dari jendela yang muncul.


Cari File Locations.


Plih Documents dan klik Modify.


Maka jendela dialog box akan muncul, lalu silahkan cari dimana direktori yang Anda inginkan sebagai pengaturan default.


Setelah diubah direktorinya tekan enter lalu kliktombol OK.


Klik tombol OK kembali untuk menutup jendela dilaog box.

4. Mengubah Default Font Pada Microsoft Office

Format default untuk jenis font dalam Microsoft Word 2010 adalah Calibri, meskipun jenis font ini sangat bagus dipergunakan untuk online viewing,namun akan menimbulkan permasalahn pada saat proses printing. Format font Times New Roman merupakan menjadi standar untuk proses print data pada perkantoran maupun pada sekolah. Beberapa di antara Anda mungkin mengubah font dari ke Calibri menjadi font jenis Times New Roman secara manual, namun hal itu tidak efektif. Untuk mengubah pengaturan font Microsoft Office Word 2010 secara default.


Klik kanan pada Normal quick style button yang berada pada tab Home Microsoft Office Word.


Pilih Modify.


Akan muncul jendela dialgox box, klik tombol Format.


Pada jendela dialog box, silahkan pilih jenis font yang diinginkan.


Klik OK.

5. Memindahkan Baris Teks Di dalamTabel

Kadang-kadang ketika sedang bekerja dengan sebuah tabel pada lembar kerja Microsoft Office, Anda mungkin ingin memindahkan satu atau lebih baris dalam tabel atas atau bawah tersebut tanpa harus mengubah format tabel. Salah satu metode cepat adalah dengan copy paste tetapi hal tersebut berrisiko, karena format tabel mungkin akan berubah.

Metode lain yang aman adalah dengan menggunakan tombol ALT + SHIFT + Tombol panah Ataspada keyboard dengan cara menekan tombol panah untuk memindahkan seluruh baris atas. Demikian juga untuk memindahkan seluruh baris bawah, pergunakanlah ALT + SHIFT + tombol panah bawah. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus memilih baris terlebih dahulu sebelum memindahkannya dengan menggunakan ALT + SHIFT + tombol panah. Metode ini akan memastikan format tabel pada lembar kerja Microsoft Office tidak terganggu.

6. Trik Mengubah Spasi Dengan Cepat

Kadang-kadang Anda harus mengubah baris pada spasi di antara paragraf yang berbeda. Berikut ini adalah tombol shortcut-nya.

CTRL + 1 –>Mengubah spasi menjadi 1

CTRL + 2 –>Mengubah spasi menjadi 2

CTRL 5 –>Mengubah spasi menjadi 1,5

Catatan: Anda hanya tinggal memindahkan kursor pada paragraf untuk mengubah ukuran spasinya, Anda tidak perlu memblok seluruh paragraph

7. Tips Cepat Menambahkan Borders Ke Paragraf

JikaAnda ingin menambahkanbatas (border) pada paragraf tertentu, Anda dapat menggunakan fitur Microsoft Office yaitu Borders and Shading. Namun, jika kebutuhan Anda hanyauntuk menambahkan batas bawah untuk teks/paragraf, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan beberapa kombinasi tombol dengan cepat melalui keyboard komputer maupun laptop Anda lalu menekan Enter, berikut ini adalah kombinasi tombol tersebut.


Tekan – (hypen) tiga kali lalu tekan Enter untuk menambahkan border ¾.


Tekan _ (underscore) tiga kali lalu tekan Enter untuk memulai menggambar garis bawah.


Tekan ~ (tilde) tiga kali lalu tekan Enter untuk memulai menggambar border secara zizgzag.


Tekan * (asterisk) tiga kali dan tekan Enter untuk menggambar border dengan garis putus-putus (dotted border).


Tekan = Tiga kali lalu tekan Enter ntuk membuat boder dengan garis ganda (double border).

8. Find Special Formatting

Anda dapat menemukan beberapa teks yang diformat secara khusus pada sebuah dokumen. Sebagai contoh, Anda dapat menemukan teks yang disorot (highlight) atau teks yang berformat font Times New Roman. Anda juga dapat mencari teks tebal (bold) atau tulisan miring (italic). Ada banyak sekali pilihan ketika Anda menggunakan opsi fitur find pada Microsoft Office 2010.


Tekan CTRL+F untuk membuka fitur panel tersebut. Dalam aplikasi Microsoft Office 2010 ia akan muncul pada sisi sebelah kiri jendela Windows Anda.


Klik tombol segitiga (facing triangle) untuk mencari kata yang ingin Anda temukan.


Pada kotak pencarian lalu klik More.


Di sana tersedia berbagai macam format pilihan.


Ketika ingin memilih sesuatu, ia akan muncul di bawah kotak teks Find What. Ketika mengklik Find Next tanpa memasukkan kata apapun pada kotak teks Find What, maka ia akan mencari format atau teks yang telah dipilih. Sebagai contoh, Anda dapat memilih font dan di kotak dialog Font, pilih font dan sifat-sifatnya (tebal, miring dan lainnya).

9. Merging Formatting When Pasting Across Documents

Ketika Anda menyalin apapun dari satu dokumen ke dokumen lainnya, Anda mungkin ingin mencocokkan format dari dokumen saat ini dengan hasil salinan (copy) dari dokumen lainnya. Meskipun Anda dapat secara manual memformat setiap kali Anda menyalin teks dari dokumen lain dengan yang sekarang, Anda juga dapat mengatur secara default hasil salinan (paste) untuk menggabungkan format teks tersebut sehingga teks yang disalin dari sumber lain akan memperoleh format dokumen yang saat ini dipergunakan. Berikut ini adalah caranya.


Untuk pengaturan secara default, klik logo segitiga yang ada pada kotak pencarian, lalu Paste pada tab Home.


Klik Set Default Paste.


Pada jendelayang muncul, pilih tujuan Merge: Anda bisa memilih untuk menyalin dalam dokumen yang sama atau menyalin antara dokumen.


Klik OK untuk menutup jendela tersebut.

10. Menyalin Format Dokumen

Dalam kondisi tertentu, Anda mungkin ingin menerapkan format yang sudah ada dari satu bagian dokumen Andake dokumen yang lainnya. Anda bisa mempergunakan fitur Format Painter untuk melakukan hal tersebut. Namun kadang menggunakan fitur Format Painter dapat menjengkelkan ketika berhadapan dengan format dokumen yang cukup panjang. Berikut adalah metode lain yang lebih mudah untuk dipergunakan.

Tekan CTRL+SHIFT+C. Maka hal tersebut akan menyalin format dokumen bukan teks. Pindahkan tujuan di mana format dokumen tersebut ingin dipergunakan, lalu tekan CTRL+SHIFT+V di mana format dokumen tersebut ingin dipergunakan. [AG]

0 comments:

Post a Comment