Monday, October 15, 2012

4:38 PM

Apakah itu Website Malware?

Website Malware (Malicious Software) adalah sejenis script/code yang menyusup kedalam script website/blog kita dan kemudian akan aktif secara otomatis atau tanpa diketahui oleh Administrator/Webmaster website/blog. Website Malware ini terbilang sangat merugikan karena selain website/blog kita berpotensi di block (banned) oleh Browser (Mozilla, Opera, dll.) juga akibat serangan Website Malware ini blog juga dapat di block permanen oleh Search Engines (Google, Bing, dll.) karena dianggap berpotensi mengancam pengunjung website/blog kita.

Gejala Blog Terinfeksi Website Malware

Salah-satu kerugian menggunakan Self Hosted Platform untuk ngeblog adalah seringnya terdapat Bugs atau celah yang berpotensi untuk disusupi oleh Website Malware, karena itulah salah satu Blogging Software terpopuler WordPress.org selalu mengupate versi Script-nya untuk terus menyempurnakan keamanannya dari potensi serangan negatif seperti Website Malware yang terus berkembang dari sisi signatures dan anomalies.
Untuk pengguna Hosted Service Platform seperti Blogspot.com atau WordPress.com anda tidak perlu khawatir dengan masalah Bugs atau Hacking karena penyedia layanan ngeblog tersebut menjamin 99% blog anda aman dari serangan Hacker selama anda tidak membocorkan password login anda.
Dan salah satu kemungkinan terbesar kenapa banyak blog terinfeksi Website Malware sebenarnya adalah diakibatkan oleh si pemilik Blog itu sendiri, misalnya dengan berkesperimen memasang kode iklan di widget/siderbar padahal misalnya situs iklan tersebut sudah di blacklist oleh Google. Atau juga menginstall Premium Plugin & Themes bajakan yang sayangnya di download dari situs-situs tidak jelas, sehingga biasanya sudah secara sengaja disusupi baris script tertentu yang merugikan kita.
Gejala sebuah blog terjangkit Website Malware bisa bermacam-macam, mulai dari yang menjengkelkan hingga yang merusak website atau komputer milik pengunjung blog kita, misalnya sering muncul Iklan PopUp di halaman tertentu atau homepa blog kita tiba-tiba hilang dan di redirect ke situs iklan tertentu. Dan yang paling berbahaya tentu saja yang mengakibatkan komputer menjadi Crash dan terjangkit Malware di Sistem Operasi komputer milik pengunjung blog kita.
WEBSITE MALWARE

Cara Mudah Mengecek Apakah Blog kita terjangkit Website Malware

Salah satu online tools yang paling direkomendasikan untuk pengguna WordPress Self Hosted yang ingin mengetahui apakah Blog yang dimilikinya aman dari Website Malware adalah:
Kelebihan dari Sucuri SiteCheck adalah scanning report nya yang detail, baris per baris script file kita yang terjangkit akan ditampilkan secara jelas. Ini sangat membantu kita untuk menemukan di file mana sumber Website Malware menyusup. Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya kode jahat tersebut biasanya berada di folder themes atau plugins di server Hosting kita.

0 comments:

Post a Comment